16 Fakta Unik Tubuh


16 Fakta Unik Tubuh
Tahukah Anda, bahwa begitu banyak fakta

dalam tubuh yang kadang tak kita ketahui, jika sebelumnya admin telah berbagi fakta unik tentang paru-paru, kali ini ada 16 fakta unik tentang tubuh




1.     Dalam hidung kita terdapat 20 tipe sel pendeteksi bau. Dengan sel-sel ini, kita dapat membedakan hingga 10.000 bau yang berbeda.
2.     Lidah memiliki 10.000 saraf perasa, tetapi hanya dapat mendeteksi 4 sensasi rasa, yaitu manis, asam, pahit dan asin.
3.     Usus kecil sebenarnya adalah bagian terpanjang dari sistem pencernaan kita, yaitu terbentang sekitar 22 kaki. Usus besar hanya memiliki panjang 5 kaki.
4.     Ketika penuh, perut kita mampu menampung 1-1,5 quart makanan dan cairan. Dibutuhkan waktu 4 jam untuk mencerna makanan dan meneruskannya ke usus kecil hanya dalam waktu 2 jam dengan kecepatan 0,002 mil per jam. Di dalam usus besar, proses pencernaan membutuhkan waktu sekitar 14 jam dengan kecepatan 0,00007 mil per jam.
5.     Di dalam usus kecil, bagian yang bertugas penyerap protein, gula dan lemak dari makanan tertutupi oleh lapisan proyeksi kecil seperti bulu yang disebut villi dan microvilli. Bulu-bulu ini mampu memperbesar area permukaan usus sebanyak 600 kali dibandingkan jika permukaannya halus. Jika permukaan usus kecil halus, maka dibutuhkan usus dengan panjang 2,25 mil untuk menghasilkan penyerapan makanan yang sama dengan usus kecil yang hanya 22 kaki.
6.     Setiap hari, terdapat sekitar 3 galon makanan, cairan, dan cairan pencernaan yang melalui saluran pencernaan. Hanya setengah cangkir saja yang keluar sebagai kotoran.
7.     Otot terbesar dari tubuh kita adalah Gluteus maximus (pantat) kita. Bobot masing-masing bagian dari pantat kita adalah 2 pounds (belum termasuk lapisan lemaknya). Sedangkan otot terkecil adalah stapedius yang letaknya di telinga bagian tengah, yaitu panjang hanya 1/5 inchi.
8.     Kebanyakan sel di tubuh kita berukuran sangat kecil. Tetapi, sel otot yang juga disebut jaringan otot, panjangnya mencapai 1 kaki dan dapat terlihat dengan mata telanjang.
9.     Keseluruhan berat otak yang hanya 3 pound dapat mengonsumsi 25% dari seluruh energi yang digunakan tubuh. Otak ini hanya memakan porsi 2% dari total berat tubuh kita.
10. Gelombang saraf bukanlah gelombang listrik, melainkan perubahan kimia yang sangat cepat pada jaringan saraf. Gelombang saraf yang mengirimkan gambar dari mata kita ke otak bergerak dengan kecepatan hampir mencapai 250 mil per jam.
11. Ketika lahir, kita memiliki 300 tulang. Namun, saat dewasa kita hanya memiliki 206 tulang. Apa sebenarnya yang terjadi? Ternyata, banyak tulang dalam tubuh kita yang menyatu seiring dengan pertumbuhan badan kita. Contoh tulang yang menyatu ini adalah tulang tengkorak dan tulang belakang.
12. Kebanyakan dari kita memiliki 12 pasang tulang rusuk. Namun, sekitar 5% dari populasi memiliki satu pasang tulang rusuk tambahan.
13. Tulang terpendek dalam tubuh kita adalah tulang stirrup yang terdapat di dalam telinga. Tulang ini hanya memiliki panjang 1/8 inchi. Sedangkan tulang terpanjang dalam tubuh kita adalah femur, yang panjangnya bervariasi untuk masing-masing orang. Namun, rata-rata panjangnya berkisar 1/4 tinggi orang tersebut.
14. Terdapat 54 tulang pada seluruh pergelangan, tangan, dan jari kita. Sedangkan pada kedua kaki, pergelangan kaki, dan jari kaki hanya terdapat 52 tulang saja.
15. Kulup dari bayi yang disunat bisa tumbuh dari seukuran perangko menjadi seluas 3 kali lapangan basket. Hal ini merupakan keajaiban dari ilmu pengetahuan. Laboratorium menumbuhkan kulit ini untuk mengganti kulit korban luka bakar.
16. Setiap ginjal terdiri dari1 juta filter tunggal yang menyaring rata-rata 1,3 liter darah per menit dan menghasilkan 1,4 liter urine sehari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ramadhan Kesempatan Membakar Dosa - dosa

PANTUN MELAYU PADA SAAT TEPUNG TAWAR